Sweet Cake and Cookies

Sweet Cake and Cookies

Kamis, 05 Januari 2017

Triple Choco Brownies Sungai Chocolatoz /Brownies Ummu Allegra


Finally, ikutan juga bikin brownies yang dulu trend di blog masak-memasak dua tahun lalu. Triple choco brownies sungai chocolatoz atau lebih terkenal dengan sebutan Brownies Ummu Allegra. Kenapa di judul asli ada kata-kata sungainya? Karena memang di permukaan atas ada gurat-gurat berwarna kecoklatan, jadinya dikatakan Ummu Allegra sebagai brownies sungai.. such a creative, Pertama melihat fotonya di grup...ampuuun deh browniesnya memang seksi banget deh. Keliatan banget lapisan shinny crust khas brownies, ada guratan coklat yang dikatakan sebagai sungai tadi dan juga ada taburan chocochips yang melimpah, tapi punya aku pakai chocolate chip yang bisa luber jadi ga terlalu tampak sebagai toppingnya, tapi yg penting rasanya hehe.

Brownies ini mempunyai tekstur yang chewy pada bagian dalamnya namun renyah di luarnya. Disebut sebagai triple chocolate brownies karena memang memakai coklat bubuk, dark cooking chocolate dan juga chocochips. Triple chocolate brownies ini memakai 2 macam gula, yaitu gula pasir dan gula palem.

malem-malem nemenin suami yang lagi lembur, daripada iseng bikinlah brownies ini yang udah lama ke bookmark tapi belum kunjung mood untuk mewujudkannya, ditambah lagi musim liburan, bocah dirumah selalu mencari cemilan mana cemilan... hehehe

So Check it out this resepy, thx ummu allegra for sharing this happiness, thx juga mb. Nina atas catatannya sudah aku intip intip juga sebagai bahan referensi :-)


TRIPLE CHOCOLATE BROWNIES

Bahan :
1. 4 butir telur sedang (untuk ukuran besar cukup 3 biji)
2. gula pasir (resep asli 200 gr)
3. 100 gr gula palem (resep asli 125 gr)
4. 100 ml minyak goreng (resep asli 115 ml)
5. 100 gr coklat masak, lelehkan dengan cara di tim
6. 200 gr tepung terigu protein sedang
7. 25 gr coklat bubuk 1/2 sdt baking powder
8. chocochips secukupnya
9. Vanila (aku skip karena udah habis)
10. Soda kue (aku skip)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C
2. siapkan loyang 20x20x4 cm. Oles margarin atau minyak dan alas dengan kertas roti hingga sisi-sisinya. Sisihkan.
3. Campur tepung terigu, coklat bubuk, baking powder. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanilla bubuk sebentar hanya sampai gula larut.
5. Masukkan campuran tepung aduk asal rata
6. Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata.
7. Tuang coklat masak leleh, sisakan sedikit untuk topping. Aduk rata.
8. Tuang adonan ke dalam loyang. Buat motif coklat leleh di atasnya dan taburi chocochips.
9. Panggang dengan suhu 180'C selama 25 menit dan letakkan loyang di rak tengah. Turunkan suhu menjadi 150'C dan pindahkan loyang ke rak bawah. Panggang selama 10 - 15 menit. Jangan overbaked, tekstur browniesakan menjadi keras tidak akan chewy bagian dalamnya.
10.Angkat dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong

Simple kan, dan yummy... sweet for sweetheart and sweet for kids.. minumnya pake air putih karena udah manis browniesnya, next time dikurangin kata suami gulanya.. over all, thats creative.. thx ummu allegra for sharing.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Widget by LinkWithin